Sejarah Jaringan Komputer



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  latar Belakang
Perkembangan ilmu teknologi dewasa ini semakin berkembang pesat mengikuti revolusi ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Dalam kehidupan kita saat ini dipenuhi dan dikelilingi oleh berbagai macam  teknologi penunjang kehidupan yang bertujuan untuk mempermudah setiap aktivitas kerja kita, khusunya pada bidang ilmu teknologi pada jaringan komputer. Inovasi ditujukan agar pengguna jaringan komputer dapat memanfaatkan segala fasilitas yang ada sehingga memperoleh kemudahan dan efesiensi waktu. Betapa ilmu pengetahuan teknologi saat ini begitu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Aplikasi jaringan komputer banyak dimanfaatkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, maupun bidang lainnya. Seorang pengguna jaringan komputer harus mengetahui perangkat apa saja yang dibutuhkan dalam lingkup suatu jaringan dan bagaimana cara mengelola jaringan tersebut. Dengan demikian, cara kerja serta fungsi penggunaan jaringan dapat maksimal sesuai dengan kebutuhan di lapangan. walaupun harus merogoh kocek yang tidak murah.
 Memang saat ini jaringan komputer sangat bermanfaat dan juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era modern seperti ini untuk berbagai keperluan, mulai dari kepentingan bisnis hingga kepentingan hiburan. Namun demikian, ternyata jaringan komputer sebenarnya sudah dicetuskan dari berpuluh-puluh tahun yang lalu. Kira-kira lebih dari 60 tahun yang lalu sebuah ide yang kemudian mengembangkan pembuatan sistem jaringan komputer mulai dicetuskan. Dengan harapan dapat menjadikan manusia tidak buta akan pengetahuan dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada pada sebuah jaringan komputer.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa itu jaringan komputer ?
2.      Bagaimana sejarah perkembangan jaringan komputer ?
1.3  Tujuan
1.      Untuk memperdalam ilmu tentang jaringan dasar
2.      Untuk mengetahui sejarah perkembangan jaringan komputer
3.      Untuk memenuhi tugas dari dosen
BAB II
PEMBAHASAN
2.1              Jaringan Komputer
a.       Pengertian Jaringan Komputer
Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah, tetapi saling berhubungan. Sistem ini disebut jaringan komputer (Computer Network). Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu jaringan bila keduanya saling bertukar informasi.
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, aplikasi, dan perangkat keras secara bersama-sama. Jaringan komputer dapat diartikan juga sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berbeda di berbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu komputer yang saling berhubungan (tanenbaum, 1997).
Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.
b.      Manfaat Jaringan Komputer
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila komputer kita terhubung dengan jaringan. Di antaranya adalah:
1.      Dapat saling berbagi pemakaian file data (sharing data)dengan komputer rekan.
2.      Tukar-menukar data antar komputer dapat kita lakukan secara cepat.
3.      Memungkinkan kita untuk memakai satu printer yang terhubung dengan jaringan secara bersama-sama dalam area jaringan.
4.      Lebih menghemat biaya.
5.      Efesiensi kerja meningkat.
6.      File-file data dapat lebih mudah dipelihara dan diproteksi.
7.      Kinerja sistem dapat kita tingkatkan sesuai dengan beban pemakaian komputer di jaringan. Kita hanya cukup menambah kemampuan processor jika membutuhkan peningkatan kinerja.
8.      Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
9.      Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
10.  Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
11.  Dan masih banyak lagi manfaatnya.

c.       Macam-Macam Jaringan Komputer
Umumnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjabaran lengkapnya :
A. Berdasarkan Jangkauan Geografis
1. LAN
Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.
2. MAN
Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.
3. WAN
Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.
B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data
1. Jaringan Terpusat
Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.
2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.
C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan
1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.
2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.
D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
1. Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.
2. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.
E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan
Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk pembahasan lebih detail mengenai topologi jaringan, silakan baca artikel macam-macam topologi jaringan komputer yang pernah saya tulis sebelumnya. Sekian untuk artikel mengenai pengertianmanfaat dan macam-macam jaringan komputer. Semoga tulisan pendek saya ini bermanfaat dan mudah dipahami.
2.2 Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

Tahun 1940-an

Konsep jaringan komputer pertama kali mulai dicetuskan pada era tahun 1940-an. Pada era ini, konsep jaringan komputer dibuat di Amerika, di dalam sebuah laboratorium yang sedang mengembangkan komputer MODEL I. Pengembangan ini dicetuskan oleh grup riset yang berasal dari Harvard University yang dipimpin oleh Prof. H.Aiken.
Pada awalnya proyek ini ingin memanfaatkan penggunaan kompueter secara bersamaan agar bisa mengerjakan banyak proses dalam satu waktu saja. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah Batch Processing. Dengan menggunakan konsep ini, maka lebih dari satu pekerjaan bisa dilakukan secara sekaligus.

Tahun 1950-an

Berlanjut kira – kira 10 tahunan kemudian, munculah sebuah konsep yang mengembangkan konsep jaringan komputer sebelumnya. Konsep ini dikenal dengan istilah konsep TSS atau Time Sharing System. Pada proses ini, dimungkinkan terdapat satu host komputer sebagai server agar bisa mengakomodir kegiatan dari beberapa workstation atau terminal dalam waktu yang bersamaan.
Kelebihan dari sistem TSS pada masa ini adalah :
·         Menjadi cikal bakal pengembangan dari konsep jaringan komputer secara penuh
·         Dapat mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu dengan beberapa station atau terminal
·         Mulai dapat menggabungkan antara sistem komunikasi dengan sistem komputer
·         Mempermudah pekerjaan pada masa itu
Namun demikian, terdapat pula beberapa kekurangan dari sistem ini, antara lain :
·         kecepatan transfer data yang masih lambat
·         Kapasitas data yang sedikit dari komputer host atau server (Baca : Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa)
·         Spesifikasi server atau host yang masih rendah
Berangkat dari keberhasilan penggunaan TSS dan juga kelemahannya, maka banyak peneliti yang kemudian ingin mngembangkan konsep jaringan komputer agar menjadi lebih baik dan juga sempurna lagi. Maka dari itu, perkembangan jaringan komputer akan terus berjalan
Tahun 1970-an
Cukup lama setelah TSS ditemukan dan juga diimplementasikan, muncul istilah jaringan komputer yang dikenal dengan istilah Distribution Processing atau proses distribusi. Pada sistem jaringan ini, dimungkinkan untuk lebih dari satu host yang saling mendistribusikan datanya untuk kemudian disalurkan melalu terminal atau stasion – stasion dalam satu jaringan. Konsep ini memungkinkan host bisa bekerja secara paralel satu sama lain, sambil tetap bisa melayani stasion yang terhubung dengan host.


Kelebihan dari sistem ini adalah :
·         Mengurangi biaya produksi
·         Pendistribusian data antar jaringan menjadi lebih cepat
Namun demikian salah satu kekurangan dari sistem ini adalah kemampuan dari komputer host dan juga server yang masih kurang, sehingga tidak bisa mendukung banyak data.
Roy Tomlinson : 1970-an
Masih pada era 1970-an, seorang bernama Roy Tomlinson mengembangkan suatu sistem surat elektronik yang kita kenal hingga saat ini sebagai istilah email. Pada saat itu, jaringan komputer sudah mulai berkembang pesat, dan sistem surat elektronik yang disajikan untuk jaringan APARNET mulai populer dan juga banyak digunakan. Dengan begitu, setiap orang bisa berkirim surat secara elektronik hanya dengan menggunakan jaringan komputer saja. Kelebihan dari konsep surat elektronik yang pertama ini tentu saja dapat memudahkan kompunikasi antar individu dengan mudah, karena hanya digunakan dengan menggunakan jaringan komputer saja, tanpa perlu menggunakan pos. Sehingga dari segi waktu, akan jauh lebih efisien.
Vinton Cerf dan Bob Khan : 1973
Pada tahun 1973, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin luas lagi. Adalah dua ilmuwan, yang bernama Vinton Cerf dan juga Bob Kahn mengusulkan suatu sistem jaringan komputer yang sangat luas dan juga terdistribusi secara mendunia, yang dikenal dengan istilah international network atau yang saat in iita kenal dengan istilah internet. Gagasan ini yang kemudian pada tahun 80-an menjadi salah satu jaringan komputer yang booming dan membesar, sehingga banyak digunakan oleh masyarakat dunia, dan bertahan hingga saat ini.
Xerox Development : 1976
Pada tahun 1976, sebuah hardware yang diciptakan dan juga dikembangkan oleh xerox, yaitu Ethernet Card (Baca : Fungsi Ethernet Card) diresmikan menjadi sebuah protokol standar dalam jaringan lokal atau LAN. Dengan adanya ethernet card, maka setiap komputer bisa terhubung ke dalam suatu jaringan dengan mudah, terutama jaringan peer to peer LAN, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel (baca : Jenis jenis kabel jaringan komputer).
Tahun 1980-an
Tahun 1980-an mungkin menjadi salah satu titik terang dari perkembangan jaringan komputer di seluruh dunia. Banyak perkembangan yang sangat maju, mulai dari pengaplikasian banyak fitur di dalam internet, hingga pengaplikasian teknologi wireless di dalam sebuah jaringan komputer.
1982 – TCP / IP
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol dalam jaringan internet, yang dikenal dengan nama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol, yang tentu saja saat ini sudah sangat akrab degnan kita, yaitu TCP/IP. TCP/IP ini merupakan kompensasi dari banyaknya jumlah komputer yang terhubung ke dalam jaringan luas komputer, sehingga dibutuhkan suatu standar protokol tertentu yang dapat diterima oleh semua komputer yang ingin terhubung ke dalam jaringan komputer. Dari situlah, kemudian TCP/IP diciptakan dan masih digunakan hingga saat ini. Tidak hanya TCP/IP. di Eropa juga terdapat protokol internet lainnya, yang kala itu menyediakan layanan surat elektronik, yaitu EUNET.
1984 – DNS
Pada tahun 1984, penggunaan DNS atau Domain Name System mulai digunakan. Hal ini untuk membantu memilah alamat – alamat website yang tergabung pada wilayah – wilayah tertentu agar menjadi lebih mdah untuk dikenali dan juga mudah untuk diakses. Hingga tahun 1987, diketahui bahwa jumlah komputer yang saling terhubung ke dalam jaringan internet yang luas sudah mencapai jumlah 10000 komputer lebih. Sebuah penggunaan yang cukup banyak, mengingat teknologi jaringan ini merupakan sebuah teknologi yang baru (baca : Topologi Jaringan Komputer).
Pada era 80-an juga, sebuah teknologi jaringan dipatenkan dan bisa digunakan secara umum. Teknologi tersebut adalah teknologi WiFi atau Wireless fidelity. Teknologi yang dikembangkan oleh IBM ini pada awalnya diperuntukkan untuk mempermudah koneksi LAN agar tidak menggunakan kabel dengan memanfaatkan gelombang infra merah. Namun demikian, pada awalnya teknologi Wireless ini tidak berjalan dengan baik, sehingga ditunda peluncurannya selama beberapa tahun, dan baru pada era 80-an ini, tepatnya tahun 80 akhir dan awal 90, teknologi WiFi mulai dipatenkan dan juga diperkenalkan ke kalangan masyarakat luas.

1988 Jarkko Oikarinen IRC
Masih dari era 80-an, tepatnya kira kira pada tahun 1988, seorang ilmuwan dan pengembang asal Finlandia, yaitu Jarkko Oikarinen mengembangkan dan juga menciptakan suatu sistem Internet Relay Chat. Dengan adanya sistem IRC ini, maka dimungkinkan untuk semua komputer yang sudah masuk ke dalam jaringan internet dapat melakukan chatting dan mengobrol dengan cara mengetik. Hal ini merupakan suatu terobosan yang sangat besar, karena itu hal ini membuat penggunaan komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan melonjak menjadi hampir 100000 komputer yang terhubung ke dalam jaringan.
Tahun 1990-an
Pada tahun 1990an bisa dibilang merupakan era keemasan dari teknologi jaringan komputer. Pada era ini mulai banyak dibuat browser – browser untuk berselancar di internet. Browser pertama adalah NetScape Navigator. Selain itu, pada era ini, Yahoo dan juga hampir 3000 alamt internet lainnya lahir dan mulai berkembang hingga saat ini. Bahkan pada era 1990an, sudah muncul e-retail, dimana anda bisa berbelanja barang secara online, yang saat ini kita kenal juga dengan istilah e-commerce.
Awal tahun 1990 sendiri merupakan kelahiran dari www atau world wide web, yang merupakan sebuah program yang memungkinkan agar sebuah komputer dapat saling menjelajahi dan terhubung ke dalam jaringan internasional, yang pastinya sudah kita ketahui hingga saat ini.
Secara umum, perkembangan jaringan komputer pada era 1990-an memiliki banyak kelebihan, seperti :
·         Mendukung konsep jual beli online dengan e-retail
·         Merupakan era dimana banyak website mulai berkembang dan bermanfaat bagi manusia
·         Mempermudah komunikasi antar user di seluruh belahan dunia
·         Bagi para ilmuwan dan ahli komputer, perkembangan jaringan pada era 1990an merupakan salah satu dasar pertimbangan untuk membuat pengembangan jaringan lebih lanjutlagi
Namun demikian, sepertinya teknnologi jaringan pada era 1990an masih mengalami beberapa kendala, terutama untuk jaringan internet yang luas, seperti :
·         Harga komputer yang masih mahal, sehingga tidak semua orang bisa memiliki komputer dan menikmati penggunaan jaringan internet
·         Masih sedikit provider yang mampu menyediakan kebutuhan untuk melakukan koneksi ke dalam internet
·         Meskipun sudah diperkenalkan ke masyarakat umum sejak era 80-an hingga 90-an, namun teknologi jaringan komputer, seperti internet masih merupakan teknologi yang sangat baru, sehingga masih banyak masyarakat umum yang belum memahami dan mengerti fungsi – fungsi dari jaringan komputer.
·         Kecepatan koneksi yang masih lambat
Perkembangan Jaringan Komputer Saat ini
Apabila dibandingkan dengan era 1990-an, maka sudah pasti perkembangan jaringan komputer saat ini sudah jauh lebih maju. Hal ini terlihat dari banyak indikaor, seperti :
·         Penggunaan jaringan secara umum pada institusi dan perusahaan (biasanya menggunakan jaringan LAN atau jaringan lokal untuk saling berkomunikasi)
·         Banyaknya ISP yang menjamur untuk menyediakan layanan koneksi internet
·         Berkembangnya software – software serta berbagai macam hardware yang dapat dengan mudah melakukan koneksi ke dalam internet.
·         Biaya internet yang relatif lebih murah
·         Perkembangan dari GUI atau graphic user interface, yang memudahkan user untuk terhubung ke dalam jaringan komputer
·         Biaya produksi komputer yang sudah tidak semahal pada masa awal – awal diciptakan
Tentu saja jaringan komputer saat ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi anda. Dengan adanya jaringan komputer, maka dapat dipastikan anda akan menjadi lebih mudah untuk terkoneksi satu sama lain dengan berbagai user di belahan dunia lain dengan sangat mudah.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer. Artinya komputer tersebut lebih dari satu buah yang terpisah-pisah akan tetapi dapat saling berhubungan dalam melaksanakan suatu tugas. Kelompok komputer tersebut bekerja secara otonom. Ini artinya hanya dapat melakukan pertukarana pada suatu area atau member tertentu.
Dalam penggunaannya jaringan diklasifikasikan menjadi fungsi tertentu ataupun berdasarkan tempat dan sumber utama pengelola data. Selain itu dalam jaringan komputer terdapat berbagai jalan sejarah yang menarik untuk disimak dan diketahui. Mulai awal 1940-an hingga sekarang ini.
3.2  Saran

Makalah  ini dibuat untuk pembaca yang ingin mengetahui secara singkat tentang jaringan komputer yang merupakan sebuah kebutuhan pokok di era modernisasi ini. Oleh karena itu penulis menyarankan agar dapat sekiranya membaca makalah ini sebagai sebuah referensi untuk mengetahui dan sebagai langkah awal untuk membangun sebuah jaringan komputer yang sederhana maupun yang kompleks sekalipun.

Comments

Popular Posts